Gagal Ginjal Akut - Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan


Gagal ginjal akut terjadi ketika ginjal Anda tiba-tiba menjadi tidak sanggup menyaring produk limbah dari darah Anda. Ketika ginjal Anda kehilangan kemampuan menyaring mereka, kadar limbah berbahaya sanggup terakumulasi, dan susunan kimiawi darah Anda mungkin tidak seimbang.
Gagal ginjal akut - juga disebut gagal ginjal akut atau cedera ginjal akut - berkembang cepat selama beberapa jam atau beberapa hari. Gagal ginjal akut paling sering terjadi pada orang yang sudah dirawat di rumah sakit, terutama pada orang sakit kritis yang membutuhkan perawatan intensif.
Gagal ginjal akut bisa berakibat fatal dan membutuhkan perawatan intensif. Namun, gagal ginjal akut dapat reversibel. Jika Anda dinyatakan dalam kesehatan yang baik, Anda sanggup memulihkan fungsi ginjal normal atau hampir normal.
Gagal ginjal akut terjadi ketika ginjal Anda datang Gagal ginjal akut - gejala, penyebab, dan pengobatan

Gejala
Tanda dan tanda-tanda gagal ginjal akut mungkin termasuk:
·         Keluaran urin menurun, meskipun kadang kala output urine tetap normal
·         Retensi cairan, menyebabkan pembengkakan di kaki, pergelangan kaki atau kaki
·         Kantuk
·         Sesak napas
·         Kelelahan
·         Kebingungan
·         Mual
·         Seizure atau koma pada masalah yang berat
·         Nyeri dada atau tekanan
Kadang-kadang gagal ginjal akut tidak menyebabkan tanda atau tanda-tanda dan terdeteksi melalui tes laboratorium yang dilakukan lantaran alasan lain.
Kapan harus ke dokter
Buat akad dengan dokter Anda kalau Anda mempunyai tanda atau tanda-tanda gagal ginjal akut.
Penyebab
Gagal ginjal akut sanggup terjadi ketika:
·         Anda mempunyai kondisi yang memperlambat fatwa darah ke ginjal Anda
·         Anda mengalami kerusakan eksklusif pada ginjal Anda
·         Saluran drainase urin Anda (ureter) menjadi tersumbat dan limbah tidak sanggup meninggalkan badan Anda melalui urin Anda
Gangguan fatwa darah ke ginjal
Penyakit dan kondisi yang sanggup memperlambat fatwa darah ke ginjal dan menyebabkan gagal ginjal termasuk:
·         Darah atau kehilangan cairan
·         Obat tekanan darah
·         Serangan jantung
·         Penyakit jantung
·         Infeksi
·         Gagal hati
·         Penggunaan aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya), naproxen (Aleve, lainnya) atau obat-obatan terkait
·         Reaksi alergi berat (anafilaksis)
·         Luka bakar parah
·         Dehidrasi berat
Kerusakan pada ginjal
Penyakit, kondisi dan distributor ini sanggup merusak ginjal dan menyebabkan gagal ginjal akut:
·         Pembekuan darah di pembuluh darah dan arteri di dalam dan di sekitar ginjal
·         Deposit kolesterol yang menghalangi fatwa darah di ginjal
·         Glomerulonefritis (gloe-mer-u-loe-nuh-FRY-tis), radang filter kecil di ginjal (glomeruli)
·         Sindrom uremik hemolitik, suatu kondisi yang dihasilkan dari penghancuran dini sel darah merah
·         Infeksi
·         Lupus, gangguan sistem kekebalan yang menyebabkan glomerulonefritis
·         Obat-obatan, ibarat obat kemoterapi tertentu, antibiotik, pewarna yang dipakai selama tes pencitraan dan asam zoledronic (Reclast, Zometa), dipakai untuk mengobati osteoporosis dan kadar kalsium darah tinggi (hiperkalsemia)
·         Multiple myeloma, kanker sel plasma
·         Scleroderma, sekelompok penyakit langka yang menyerang kulit dan jaringan ikat
·         Purpura thrombocytopenic trombotik, gangguan darah yang langka
·         Racun, ibarat alkohol, logam berat dan kokain
·         Vasculitis, peradangan pembuluh darah
Pemblokiran urin di ginjal
Penyakit dan kondisi yang menghalangi keluarnya urin keluar dari badan (obstruksi jalan masuk kemih) dan sanggup menyebabkan gagal ginjal akut meliputi:
·         Kanker kandung kemih
·         Pembekuan darah di jalan masuk kemih
·         Kanker serviks
·         Kanker usus besar
·         Prostat membesar
·         Batu ginjal
·         Kerusakan saraf yang melibatkan saraf yang mengontrol kandung kemih
·         Kanker prostat
Faktor risiko
Gagal ginjal akut hampir selalu terjadi sehubungan dengan kondisi atau insiden medis lainnya. Kondisi yang sanggup meningkatkan risiko gagal ginjal akut meliputi:
·         Sedang dirawat di rumah sakit, terutama untuk kondisi serius yang membutuhkan perawatan intensif
·         Usia lanjut
·         Sumbatan di pembuluh darah di lengan atau kaki Anda (penyakit arteri perifer)
·         Diabetes
·         Tekanan darah tinggi
·         Gagal jantung
·         Penyakit ginjal
·         Penyakit hati
Komplikasi
Potensi komplikasi gagal ginjal akut meliputi:
·         Penumpukan cairan. Gagal ginjal akut sanggup menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru Anda, yang sanggup menyebabkan sesak napas.
·         Sakit dada. Jika lapisan yang menutupi jantung Anda (perikardium) menjadi meradang, Anda mungkin mengalami nyeri dada.
·         Kelemahan otot. Ketika cairan dan elektrolit badan Anda - kimiawi badan Anda - tidak seimbang, sanggup terjadi kelemahan otot. Peningkatan kadar kalium dalam darah Anda sangat berbahaya.
·         Kerusakan ginjal permanen. Kadang-kadang, gagal ginjal akut menyebabkan hilangnya fungsi ginjal permanen, atau penyakit ginjal stadium akhir. Orang dengan penyakit ginjal stadium final memerlukan dialisis permanen - proses penyaringan mekanik yang dipakai untuk membuang racun dan limbah dari badan - atau transplantasi ginjal untuk bertahan hidup.
·         Kematian. Gagal ginjal akut sanggup menyebabkan hilangnya fungsi ginjal dan, akhirnya, kematian. Risiko final hidup lebih tinggi pada orang yang mempunyai problem ginjal sebelum gagal ginjal akut.
Pencegahan
Gagal ginjal akut sering sulit diprediksi atau dicegah. Tetapi Anda sanggup mengurangi risiko Anda dengan merawat ginjal Anda. Mencoba untuk:
·         Perhatikan label ketika mengambil obat nyeri over-the-counter (OTC). Ikuti petunjuk untuk obat nyeri OTC, ibarat aspirin, acetaminophen (Tylenol, lainnya) dan ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya). Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan ini sanggup meningkatkan risiko gagal ginjal akut. Ini terutama benar kalau Anda mempunyai penyakit ginjal yang sudah ada sebelumnya, diabetes atau tekanan darah tinggi.
·         Bekerja dengan dokter Anda untuk mengelola problem ginjal. Jika Anda mempunyai penyakit ginjal atau kondisi lain yang meningkatkan risiko gagal ginjal akut, ibarat diabetes atau tekanan darah tinggi, tetap pada jalur dengan tujuan pengobatan dan ikuti rekomendasi dokter Anda untuk mengelola kondisi Anda.
·         Jadikan gaya hidup sehat sebagai prioritas. Jadilah aktif; makan masakan yang seimbang dan seimbang; dan minum alkohol hanya dalam jumlah sedang - kalau sama sekali.
Diagnosa
Jika tanda dan tanda-tanda Anda menawarkan bahwa Anda mengalami gagal ginjal akut, dokter Anda sanggup merekomendasikan tes dan mekanisme tertentu untuk memverifikasi diagnosis Anda. Ini mungkin termasuk:
·         Pengukuran keluaran urin. Jumlah air seni yang Anda buang dalam sehari sanggup membantu dokter Anda menentukan penyebab kegagalan ginjal Anda.
·         Tes urine. Menganalisis sampel urin Anda, mekanisme yang disebut urinalysis, sanggup mengungkapkan kelainan yang menawarkan gagal ginjal.
·         Tes darah. Sampel darah Anda sanggup mengungkapkan tingkat urea dan kreatinin yang meningkat pesat - dua zat yang dipakai untuk mengukur fungsi ginjal.
·         Tes pencitraan. Tes imaging ibarat ultrasound dan computerized tomography sanggup dipakai untuk membantu dokter Anda melihat ginjal Anda.
·         Menghapus sampel jaringan ginjal untuk diuji. Dalam beberapa situasi, dokter Anda mungkin merekomendasikan biopsi ginjal untuk mengangkat sampel kecil jaringan ginjal untuk pengujian laboratorium. Dokter Anda memasukkan jarum melalui kulit Anda dan masuk ke ginjal Anda untuk membuang sampel.
Pengobatan
Perawatan untuk gagal ginjal akut biasanya membutuhkan perawatan di rumah sakit. Kebanyakan orang dengan gagal ginjal akut sudah dirawat di rumah sakit. Berapa usang Anda akan tinggal di rumah sakit tergantung pada alasan gagal ginjal akut Anda dan seberapa cepat ginjal Anda pulih.
Dalam beberapa kasus, Anda mungkin sanggup memulihkan diri di rumah.
Mengobati penyebab gagal ginjal Anda
Perawatan untuk gagal ginjal akut melibatkan identifikasi penyakit atau cedera yang awalnya merusak ginjal Anda. Pilihan perawatan Anda bergantung pada apa yang menyebabkan kegagalan ginjal Anda.
Mengobati komplikasi hingga ginjal Anda pulih
Dokter Anda juga akan bekerja untuk mencegah komplikasi dan memungkinkan waktu ginjal Anda untuk menyembuhkan. Perawatan yang membantu mencegah komplikasi meliputi:
·         Perawatan untuk menyeimbangkan jumlah cairan dalam darah Anda. Jika gagal ginjal akut Anda disebabkan oleh kurangnya cairan dalam darah Anda, dokter Anda sanggup merekomendasikan cairan intravena (IV). Dalam masalah lain, gagal ginjal akut sanggup menyebabkan Anda mempunyai terlalu banyak cairan, yang menyebabkan pembengkakan di lengan dan kaki Anda. Dalam masalah ini, dokter Anda sanggup merekomendasikan obat-obatan (diuretik) untuk menyebabkan badan Anda mengeluarkan cairan ekstra.
·         Obat-obatan untuk mengontrol kalium darah. Jika ginjal Anda tidak dengan benar menyaring potasium dari darah Anda, dokter Anda mungkin akan meresepkan kalsium, glukosa atau sodium polystyrene sulfonate (Kayexalate, Kionex) untuk mencegah akumulasi kadar potasium yang tinggi dalam darah Anda. Terlalu banyak kalium dalam darah sanggup menyebabkan detak jantung yang tidak teratur (aritmia) dan kelemahan otot.
·         Obat untuk mengembalikan kadar kalsium darah. Jika kadar kalsium dalam darah Anda turun terlalu rendah, dokter Anda mungkin merekomendasikan infus kalsium.
·         Dialisis untuk membuang racun dari darah Anda. Jika racun menumpuk dalam darah Anda, Anda mungkin perlu hemodialisis sementara - sering disebut hanya sebagai dialisis - untuk membantu membuang racun dan cairan berlebih dari badan Anda ketika ginjal Anda sembuh. Dialisis juga sanggup membantu membuang kelebihan potasium dari badan Anda. Selama dialisis, mesin memompa darah keluar dari badan Anda melalui ginjal buatan (dialyzer) yang menyaring limbah. Darah kemudian dikembalikan ke badan Anda.
Gaya hidup dan pengobatan rumah
Selama pemulihan Anda dari gagal ginjal akut, dokter Anda mungkin merekomendasikan diet khusus untuk membantu mendukung ginjal Anda dan membatasi pekerjaan yang harus mereka lakukan. Dokter Anda mungkin merujuk Anda ke andal diet yang sanggup menganalisis diet Anda ketika ini dan menyarankan cara-cara untuk menciptakan diet Anda lebih gampang di ginjal Anda.
Bergantung pada situasi Anda, andal diet Anda mungkin menyarankan Anda untuk:
·         Pilih masakan kalium yang lebih rendah. Ahli diet Anda mungkin menyarankan Anda menentukan masakan kalium yang lebih rendah. Makanan tinggi potasium termasuk pisang, jeruk, kentang, bayam dan tomat. Contoh masakan rendah kalium termasuk apel, kubis, kacang hijau, anggur, dan stroberi.
·         Hindari produk dengan pemanis garam. Turunkan jumlah natrium yang Anda makan setiap hari dengan menghindari produk dengan garam tambahan, termasuk banyak masakan yang menyenangkan, ibarat makan malam beku, sup kalengan, dan masakan cepat saji. Makanan lain dengan pemanis garam termasuk camilan asin, sayuran kaleng, dan daging olahan dan keju.
·         Batasi fosfor. Fosfor yaitu mineral yang ditemukan dalam makanan, ibarat susu, keju, kacang kering, kacang dan selai kacang. Terlalu banyak fosfor dalam darah Anda sanggup melemahkan tulang Anda dan menyebabkan kulit gatal. Ahli diet Anda sanggup memberi Anda rekomendasi spesifik perihal fosfor dan bagaimana cara membatasi dalam situasi khusus Anda.
Ketika ginjal Anda pulih, Anda mungkin tidak lagi perlu makan masakan khusus, meskipun makan sehat tetap penting.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel