Makna Puisi Aku ingin Mencintaimu dengan Sederhana

 Mengulas mengenai sastra memang tidak ada habis-habisnya. Bahasa memang suatu hal yang penting di kehidupan. Tidak hanya penting, bahasa suatu hal yang elok dan mengagumkan. Untuk seorang sastrawan, guratan kata ialah triknya untuk berbicara, saat itu guratan kata bisa juga jadi triknya mendengar, triknya mengetahui, meraba, dan buka diri. Bersamaan perubahan jaman, karya sastra makin banyak macamnya di muka bumi ini. Diantaranya ialah puisi. Pernahkan Anda membaca puisi dengan judul Aku Ingin karya Sapardi Djoko Damono? Apabila belum, karena itu pas untuk Anda buka artikel ini. Apabila telah juga Anda tetap berjalan di jalan yang betul, kok. 

Makna puisi aku ingin

Pada artikel ini, saya akan mengungkapkan bermacam opini saya dimulai dari makna puisi aku ingin dan lain-lain. Harus dipahami awalnya, karena pemikiran orang berbeda dalam menghargai suatu hal, opini saya dalam mendefinisikan puisi itu bisa saja berbeda dengan Sapardi Djoko Damono, jadi berharap jadi rujukan saja.

AKU INGIN Karya: Sapardi Djoko Damono 

  • Aku ingin mencintaimu dengan sederhana dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu.
  • Aku ingin mencintaimu dengan sederhana dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada. 

Maka bagaimana menurut Anda puisi itu? Mengagumkan? Hmm, jika menurut saya ini tidak cuma mengagumkan, tetapi super luar biasa! Jujur, saya baru ketahui puisi ini satu tahun lalu saat Ujian Sekolah Bahasa Indonesia di SMP. Pikirkan saja, sesudah capek memikir saya lalu berjumpa dengan puisi ini di masalah nomor empat puluh empat. Saya membaca puisi Aku Ingin berkali-kali untuk pahami arti tiap ucapnya walau sebenarnya itu tidak ditanya dalam soal, sementara masihlah ada enam masalah kembali yang menunggu saya untuk menjawab.

Semenjak pertama kalinya mengetahui saya segera jatuh hati pada Aku Ingin, pasalnya puisi karya Sapardi Djoko Damono yang ini betul-betul membuat jantung berdetak lebih kuat saat membacanya. Jujur saja, puisi ini tidak romantis, karena saya selalu memvisualisasikan kata ‘romantis' sebagai suatu hal yang berbahagia, tetapi Saya Ingin simpan suatu hal yang gelap. Sesungguhnya saya lebih senang cerita-kisah yang happy ending, jika puisi yang memilukan ini sanggup bawa saya untuk menikmatinya, wah, Bermakna dia memang mengagumkan, khususnya pengarangnya, Sapardi Djoko Damono!

Puisi ini susah untuk saya, ya, susah untuk diterangkan artinya walau sebenarnya saat membaca dia demikian menyerang ke hati. Arti yang saya dapatkan banyak. Silahkan sempatkan diri Anda untuk membacanya.

1. Mengenai seorang yang menyukai seseorang secara sembunyi-sembunyi. Maka ibaratnya ia itu secret penggemar.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang abu. Anda sudah mengetahui bukan, langkah kerja secret penggemar? Ia jatuh hati pada seorang, tetapi orang yang dia idolakan tidak ketahuinya. Apa Anda pernah jadi fans seseorang, Justin Bieber, Harris J, atau Super Junior? Nah, jika penggemar biasa, yang mereka kerjakan ialah lakukan transparansi diri ke pujaannya, misalkan menghadiahkan pada saat konser, mengirim DM di twitter, dan semacamnya. Tetapi jika secret penggemar, mereka cuman simpan rasa senang atau cinta itu di dalam hatinya dan tidak memberikan tahukan hal tersebut pada sang figur pujaan. Karena itu ada kalimat saya ingin menyukaimu dengan simpel. Maka dia cuman ingin menyukai sang figur pujaan sesimpel kemungkinan, tidak jadi masalah jika orang yang dia idolakan tidak balik menyukainya. Karena dia hanya inginkan kesederhanaan dalam cinta, dan saat rasa cinta itu dibalas karena itu namanya tidak lagi ‘sederhana'. Nah, itu kenapa secret penggemar tutup diri. Hiks, kasihan ya? Lanjut…

2. Mengenai seorang yang menyukai seseorang tetapi cintanya tidak dibalas. Sayang hati orang itu tetap masih tidak ingin move on.

Jika arti puisi Aku Ingin awalnya mengenai orang yang simpan hati saat ini ialah berkenaan orang yang istilahnya 'cinta bertepuk samping tangan'. Jadi ceritanya, saat dia mengatakan rasa cintanya pada sang figur pujaan, figur pujaan itu langsung menampiknya mentah-mentah. Saya ingin menyukaimu dengan simpel, dengan kode yang tidak sempat pernah dikatakan awan, ke hujan yang membuatnya tanpa. Orang itu berasa tindakannya yang mengatakan hati ke figur pujaan terlalu berlebih. Oleh karena itu, dia memilih untuk menyukainya dengan simpel saja supaya dia tidak sakit hati kembali karena dia tidak dapat move on. Kalimat ‘isyarat yang tidak sempat pernah dikatakan awan' dapat diartikan sebagai, karena ada banyak isi hati yang ingin dia pastikan tetapi sang figur pujaan tidak mau dengar apa saja darinya, karena itu isi-isi hati itu tidak sampai. Karena karena itu ada kalimat seterusnya, ‘kepada hujan yang membuatnya tiada'.

3. Mengenai seorang yang kehilangan orang yang disayanginya, walau sebenarnya sebelumnnya mereka ialah sepasang pacar yang sama-sama menyukai.

Kehilangan yang diartikan di sini beragam, kemungkinan belahan jiwanya wafat, atau bahkan juga lari ke dekapan seseorang. Ya, karena terlanjur cinta, orang itu barusan tetap menyukai sang belahan jiwa, tetapi dengan kesederhanaan. Saya ingin menyukaimu dengan simpel, dalam kata yang tidak sempat pernah disampaikan kayu, ke api yang membuatnya abu. Nah, karena sang belahan jiwa itu telah tidak ada kembali di sebelahnya, karena itu rasa-rasa cintanya seperti kata yang tidak sempat pernah disampaikan kayu ke api yang membuatnya abu. Jika sang belahan jiwanya wafat atau telah bersenang-senang sama orang lain, mustahil kan untuk orang itu untuk menjelaskan ‘aku menyukaimu' secara langsung?

4. Mengenai hati cinta yang harusnya tidak dipunyai. Apa Anda pernah, bahkan juga kerap memiliki nasib sama sama orang ini?

Sesungguhnya, saya paling sepakat dengan arti yang ini, karena memang lebih pas dengan puisinya. Coba kita kembali kembali. Saya ingin menyukaimu dengan simpel, dengan kode yang tidak sempat pernah dikatakan awan, ke hujan yang membuatnya tanpa. Jadi ini, coba kita membuat satu perumpamaan. Misalnya awan menyukai hujan, tetapi saat dia coba memberikan tahukannya masalah hati cinta itu, tidak dapat dihindari hujan mengguyur bumi dan jadikan awan itu tanpa. Hujan turun itu kodrati, sedang awan di langit di mana ada hujan akan raib adalah fitrahnya. Yang saya tujuan di atas dengan hati cinta yang harusnya tidak dipunyai itu, ialah karena mereka mustahil bersama sebagai sepasang pacar. Tetapi walau bagaimanapun, awan masih simpan rasanya dan menyukai hujan dengan simpel. Anda pernah tahu kan mengenai cinta yang dapat tiba untuk siapa, dari siapa sajakah? Nah, jadi cerita awan dan hujan semacam itu.

Baik, di atas saya telah menerangkan mengenai arti apa yang dapat saya mengambil dari puisi itu. Menurut Anda, arti puisi Saya Ingin nomor berapakah yang paling menyakitkan? Satu perihal yang dapat kita mengambil dari puisi itu ialah saat kita menyukai seseorang, sayangilah dengan simpel saja. Tetapi anjuran saya, sesudah Anda membaca puisi ini berikut ini artinya, tidak boleh menghabiskan waktu Anda untuk menyukai seorang yang tidak dapat atau mustahil menyukai Anda lagi. Ada banyak kok orang yang patut Anda sayangi dan membalas Anda dengan cinta yang serupa. Oke, terima kasih sudah membaca. Demikian animo saya pada puisi Aku Ingin karya Sapardi Djoko Damono. Jika animo Anda bagaimana?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel