Kecanduan Nikotin? Berikut Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan

Kecanduan nikotin - juga disebut Kecanduan tembakau - ialah kecanduan produk tembakau yang disebabkan oleh nikotin obat. Kecanduan nikotin berarti Anda tidak sanggup berhenti menggunakan substansi, meskipun itu mengakibatkan Anda membahayakan.
Nikotin menghasilkan imbas fisik dan perubahan suasana hati di otak Anda yang sementara menyenangkan. Efek ini menciptakan Anda ingin menggunakan tembakau dan mengarah pada Kecanduan. Pada ketika yang sama, menghentikan penggunaan tembakau mengakibatkan tanda-tanda penarikan, termasuk iritabilitas dan kecemasan.
 ialah kecanduan produk tembakau yang disebabkan oleh nikotin obat Kecanduan nikotin? berikut gejala, penyebab, dan pengobatan
Sementara itu nikotin dalam tembakau yang mengakibatkan Kecanduan nikotin, imbas racun dari tembakau dihasilkan dari zat lain dalam tembakau. Perokok mempunyai tingkat penyakit jantung, stroke, dan kanker yang jauh lebih tinggi daripada yang bukan perokok.
Terlepas dari berapa usang Anda merokok, berhenti merokok sanggup meningkatkan kesehatan Anda. Banyak perawatan efektif untuk Kecanduan tersedia untuk membantu Anda mengelola penarikan dan berhenti merokok untuk selamanya. Mintalah dukungan dokter Anda.

Gejala

Bagi sebagian orang, menggunakan tembakau dalam jumlah berapa pun sanggup dengan cepat mengarah pada Kecanduan nikotin. Tanda-tanda bahwa Anda mungkin kecanduan termasuk:
  • Anda tidak sanggup berhenti merokok. Anda telah menciptakan satu atau lebih upaya serius, tetapi gagal, untuk berhenti.
  • Anda mengalami tanda-tanda penarikan ketika Anda mencoba berhenti. Upaya Anda untuk berhenti telah mengakibatkan gejala-gejala fisik dan yang berafiliasi dengan suasana hati, menyerupai mengidam yang kuat, cemas, gampang tersinggung, gelisah, sulit berkonsentrasi, depresi, frustrasi, marah, peningkatan rasa lapar, insomnia, sembelit atau diare.
  • Anda tetap merokok meski dilema kesehatan. Meskipun Anda telah membuatkan dilema kesehatan dengan paru-paru atau jantung Anda, Anda belum sanggup berhenti.
  • Anda meninggalkan kegiatan sosial atau rekreasi untuk merokok. Anda sanggup berhenti pergi ke restoran bebas asap rokok atau berhenti bersosialisasi dengan anggota keluarga atau sahabat tertentu lantaran Anda tidak sanggup merokok di lokasi atau situasi ini.

Kapan harus ke dokter

Anda tidak sendirian jikalau Anda sudah mencoba berhenti merokok tetapi belum sanggup berhenti untuk selamanya. Kebanyakan perokok melaksanakan banyak upaya untuk berhenti merokok sebelum mereka mencapai pantangan jangka panjang yang stabil dari merokok.
Anda lebih mungkin berhenti untuk selamanya jikalau Anda mengikuti planning perawatan yang membahas aspek fisik dan aspek sikap Kecanduan nikotin. Menggunakan obat-obatan dan bekerja dengan seorang konselor yang dilatih khusus untuk membantu orang-orang berhenti merokok (seorang seorang hebat pengobatan tembakau) akan secara signifikan meningkatkan peluang Anda untuk sukses.
Tanyakan kepada dokter, konselor, atau terapis untuk membantu Anda membuatkan planning perawatan yang berhasil untuk Anda atau memberi tahu Anda di mana mendapat dukungan untuk berhenti merokok.

Penyebab

Nikotin ialah zat kimia dalam tembakau yang menciptakan Anda tetap merokok. Nikotin sangat adiktif ketika dihirup dengan menghirup asap tembakau ke paru-paru, yang dengan cepat melepaskan nikotin ke dalam darah yang memungkinkannya masuk ke otak dalam beberapa detik sesudah mengisapnya. Di otak nikotin meningkatkan pelepasan materi kimia otak yang disebut neurotransmiter, yang membantu mengatur suasana hati dan perilaku.
Dopamine, salah satu neurotransmiter ini, dilepaskan di "pusat pahala" dari otak dan mengakibatkan peningkatan suasana hati dan perasaan senang. Mengalami efek-efek ini dari nikotin inilah yang menciptakan tembakau jadi kecanduan.
Kecanduan nikotin melibatkan sikap (rutinitas, kebiasaan, perasaan) serta faktor fisik. Asosiasi sikap dengan merokok ini sanggup bertindak sebagai pemicu - situasi atau perasaan yang menggerakkan harapan akan tembakau, bahkan jikalau Anda tidak merokok selama beberapa waktu.
Perilaku dan aba-aba yang mungkin Anda kaitkan dengan merokok meliputi:
  • Saat-saat tertentu dalam sehari, menyerupai hal pertama di pagi hari, dengan kopi pagi atau ketika istirahat di kawasan kerja
  • Setelah makan
  • Minum alkohol
  • Tempat atau sahabat tertentu
  • Berbicara di telepon
  • Situasi yang menegangkan atau ketika Anda merasa sedih
  • Penglihatan atau bacin rokok yang terbakar
  • Mengendarai kendaraan beroda empat Anda
Untuk mengatasi Kecanduan Anda pada tembakau, Anda harus menyadari pemicu Anda dan membuatkan planning untuk menghadapi sikap dan rutinitas yang Anda kaitkan dengan merokok.

Faktor risiko

Siapa pun yang merokok atau menggunakan bentuk tembakau lainnya berisiko menjadi tergantung. Faktor-faktor yang mempengaruhi siapa yang akan menggunakan tembakau termasuk:
  • Genetika. Kemungkinan bahwa Anda akan mulai merokok dan tetap merokok mungkin sebagian diwariskan - faktor genetik sanggup mempengaruhi bagaimana reseptor di permukaan sel saraf otak Anda merespons nikotin takaran tinggi yang diberikan oleh rokok.
  • Rumah dan dampak sahabat sebaya. Anak-anak yang tumbuh bersama orang renta yang merokok lebih cenderung menjadi perokok. Anak-anak dengan teman-teman yang merokok juga lebih mungkin mencoba rokok. Bukti memperlihatkan bahwa merokok yang ditampilkan dalam film dan di Internet sanggup mendorong orang muda untuk merokok.
  • Usia. Kebanyakan orang mulai merokok selama masa kanak-kanak atau remaja. Semakin muda Anda ketika Anda mulai merokok, semakin besar kemungkinan Anda akan menjadi perokok berat ketika dewasa.
  • Depresi atau penyakit mental lainnya. Banyak penelitian memperlihatkan korelasi antara depresi dan merokok. Orang yang mengalami depresi, skizofrenia, gangguan stres pasca-trauma (PTSD) atau bentuk lain dari penyakit mental lebih mungkin menjadi perokok.
  • Penggunaan zat. Orang yang menyalahgunakan alkohol dan obat-obatan terlarang lebih mungkin menjadi perokok.

Komplikasi

Asap rokok mengandung lebih dari 60 materi kimia penyebab kanker dan ribuan zat berbahaya lainnya. Bahkan rokok "alami" atau herbal mempunyai materi kimia yang berbahaya bagi kesehatan Anda.
Merokok merusak hampir setiap organ tubuh Anda dan merusak sistem kekebalan tubuh Anda. Sekitar setengah dari semua perokok biasa akan mati lantaran penyakit yang disebabkan oleh tembakau.
Wanita perokok kini mempunyai risiko yang sama terhadap laki-laki perokok yang meninggal jawaban kanker paru-paru, PPOK dan penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh penggunaan tembakau.
Efek kesehatan negatif meliputi:
  • Kanker paru-paru dan penyakit paru-paru lainnya. Merokok mengakibatkan hampir 9 dari 10 masalah kanker paru-paru. Selain itu, merokok mengakibatkan penyakit paru-paru lainnya, menyerupai emfisema dan bronkitis kronis. Merokok juga menciptakan asma semakin parah.
  • Kanker lainnya. Merokok ialah penyebab utama kanker kerongkongan, laring, tenggorokan (faring) dan lisan dan terkait dengan kanker kandung kemih, pankreas, ginjal dan leher rahim, dan beberapa leukemia. Secara keseluruhan, merokok mengakibatkan 30 persen dari semua kematian jawaban kanker.
  • Masalah sistem jantung dan peredaran darah. Merokok meningkatkan risiko kematian jawaban penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular), termasuk serangan jantung dan stroke. Bahkan merokok hanya satu hingga empat batang rokok setiap hari meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika Anda mempunyai penyakit jantung atau pembuluh darah, menyerupai gagal jantung, merokok memperburuk kondisi Anda. Namun, berhenti merokok mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung hingga 50 persen pada tahun pertama.
  • Diabetes. Merokok meningkatkan resistensi insulin, yang sanggup mengatur panggung untuk pengembangan diabetes tipe 2. Jika Anda menderita diabetes, merokok sanggup mempercepat kemajuan komplikasi, menyerupai penyakit ginjal dan dilema mata.
  • Masalah mata. Merokok sanggup meningkatkan risiko dilema mata yang serius menyerupai katarak dan hilangnya penglihatan dari degenerasi makula.
  • Infertilitas dan impotensi. Merokok meningkatkan risiko berkurangnya kesuburan pada perempuan dan risiko impotensi pada pria.
  • Komplikasi kehamilan dan bayi gres lahir. Ibu yang merokok ketika hamil menghadapi risiko keguguran yang lebih tinggi, kelahiran prematur, berat lahir rendah dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) pada bayi mereka yang gres lahir.
  • Dingin, flu dan penyakit lainnya. Perokok lebih rentan terhadap nanah pernapasan, menyerupai pilek, flu dan bronkitis.
  • Indra lemah. Merokok mematikan indera perasa dan bacin Anda, jadi makanan tidak begitu menggugah selera.
  • Penyakit gigi dan gusi. Merokok dikaitkan dengan peningkatan risiko pengembangan radang gusi (gingivitis) dan nanah gusi serius yang sanggup merusak sistem pendukung untuk gigi (periodontitis).
  • Penampilan fisik. Bahan kimia dalam asap tembakau sanggup mengubah struktur kulit Anda, mengakibatkan penuaan dini dan kerutan. Merokok juga menciptakan gigi, jari, dan kuku jari Anda menjadi lebih kuning.
  • Risiko untuk keluarga Anda. Pasangan yang tidak merokok dan pasangan perokok mempunyai risiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru dan penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang tidak tinggal dengan seorang perokok. Jika Anda merokok, belum dewasa Anda akan lebih rentan terhadap SIDS, asma yang memburuk, nanah indera pendengaran dan pilek.

Pencegahan

Cara terbaik untuk mencegah Kecanduan tembakau ialah tidak merokok di kawasan pertama.
Cara terbaik untuk mencegah belum dewasa Anda dari merokok ialah tidak merokok sendiri. Penelitian telah memperlihatkan bahwa belum dewasa yang orangtuanya tidak merokok atau yang berhasil berhenti merokok sangat kecil kemungkinannya untuk merokok.
Berikut ialah langkah-langkah yang sanggup Anda ambil untuk mencegah generasi mendatang dari Kecanduan nikotin dan banyak penyakit yang terkait dengan merokok:
  • Bicarakan dengan anak Anda wacana merokok. Beri tahu mereka wacana ancaman tembakau. Dorong mereka untuk menghargai kesehatan yang baik. Anda sanggup menjadi dampak besar pada apakah belum dewasa Anda merokok, terlepas dari apa yang mereka lihat di film dan di web.
  • Tetap terhubung dengan remaja Anda. Studi memperlihatkan bahwa merokok paling mungkin menjadi kebiasaan selama masa remaja. Tanyakan apakah teman-teman mereka merokok. Mereka yang mempunyai sahabat yang merokok lebih mungkin untuk mulai merokok daripada mereka yang tidak merokok. Bantu mereka merencanakan cara untuk menangani tekanan sahabat sebaya. Biarkan anak Anda tahu bahwa bentuk tembakau lain, termasuk cerutu dan tembakau tanpa asap, juga mempunyai risiko kesehatan yang signifikan.
  • Promosikan lingkungan bebas rokok. Larilah merokok di rumah Anda. Mendukung undang-undang untuk menciptakan semua kawasan kerja bebas asap rokok. Mendorong tempat-tempat umum bebas asap rokok, termasuk restoran. Menjadi aktif di komunitas dan acara berhenti merokok berbasis sekolah.
  • Mendukung undang-undang untuk meningkatkan pajak atas produk tembakau. Harga yang lebih tinggi mencegah remaja mulai merokok.Harga yang lebih tinggi mencegah remaja mulai merokok. Harga yang lebih tinggi pada produk tembakau, ditambah dengan undang-undang kawasan kerja bebas asap rokok, ialah kebijakan kesehatan masyarakat yang paling efektif untuk mengurangi merokok pada orang remaja dan mencegah orang muda untuk memulai.

Pengobatan

Seperti kebanyakan perokok, Anda mungkin telah menciptakan setidaknya satu upaya serius untuk berhenti. Tetapi jarang berhenti merokok pada perjuangan pertama Anda - terutama jikalau Anda mencoba melakukannya tanpa bantuan.
Anda jauh lebih mungkin berhenti jikalau Anda menggunakan obat dan konseling, yang keduanya terbukti efektif, terutama dalam kombinasi.

Obat-obatan

Banyak perawatan, termasuk terapi penggantian nikotin dan obat non-nikotin, telah disetujui sebagai kondusif dan efektif dalam mengobati ketergantungan nikotin. Menggunakan lebih dari satu obat sanggup membantu Anda mendapat hasil yang lebih baik.
Misalnya, menggabungkan obat bertindak lebih usang dengan produk pengganti nikotin kerja pendek mungkin bermanfaat. Bicaralah dengan dokter Anda wacana perawatan yang sempurna untuk Anda.
Jika Anda sedang hamil atau menyusui, Anda merokok kurang dari 10 batang rokok sehari, atau Anda di bawah usia 18 tahun, bicaralah dengan dokter Anda sebelum mengambil produk pengganti nikotin yang dijual bebas.

Terapi penggantian nikotin

Terapi penggantian nikotin memberi Anda nikotin tanpa tembakau dan materi kimia berbahaya dalam asap tembakau. Produk pengganti nikotin membantu meringankan tanda-tanda penarikan dan mengidam.
Waktu terbaik untuk mulai menggunakan obat pengganti nikotin ialah pada tanggal yang Anda menetapkan untuk berhenti merokok. Beberapa perokok mulai lebih awal untuk mengurangi kebiasaan merokok dalam perjalanan mereka untuk berhenti sama sekali.
Produk pengganti nikotin berikut tersedia tanpa resep:
  • Patch nikotin (NicoDerm CQ, Habitrol, lainnya). Tambalan mengatakan nikotin melalui kulit Anda dan ke dalam ajaran darah Anda. Anda menggunakan patch gres setiap hari. Anda biasanya menggunakan tambalan selama delapan ahad atau lebih lama. Jika Anda belum sanggup berhenti merokok sepenuhnya sesudah dua ahad menggunakan koyo, tanyakan dokter Anda wacana menyesuaikan takaran atau menambahkan produk pengganti nikotin lainnya. Efek samping yang umum termasuk iritasi kulit, tak bisa tidur dan mimpi yang hidup.
  • Permen karet nikotin (Nicorette, yang lain). Permen karet ini mengantarkan nikotin ke darah Anda melalui lapisan lisan Anda. Permen karet nikotin sering dianjurkan untuk mengekang mengidam. Kunyah permen karetnya beberapa kali hingga Anda mencicipi sedikit kesemutan atau rasa pedas, kemudian tempelkan permen karet di antara pipi dan gusi Anda selama beberapa menit. Kunyah dan parkir ini memungkinkan nikotin diserap secara sedikit demi sedikit dalam ajaran darah Anda. Iritasi lisan ialah imbas samping yang umum. Efek samping lainnya sering disebabkan oleh mengunyah terlalu keras yang melepaskan nikotin terlalu cepat. Ini termasuk sakit maag, mual dan cegukan.
  • Permen nikotin (Komit, Nicorette mini lozenge, lainnya). Permen ini larut dalam lisan Anda dan, menyerupai permen karet nikotin, mengantarkan nikotin melalui selaput lisan Anda. Tempatkan permen di lisan Anda di antara gumline dan pipi atau di bawah pengecap Anda dan biarkan larut. Anda akan mulai dengan satu permen setiap satu hingga dua jam dan secara sedikit demi sedikit meningkatkan waktu antara pelega tenggorokan. Hindari minum apa pun sebelum, ketika menggunakan atau sempurna sesudah permen. Efek samping termasuk iritasi lisan serta imbas yang berafiliasi dengan nikotin menyerupai sakit maag, mual dan cegukan.
Produk pengganti nikotin ini tersedia dengan resep:
  • Semprotan hidung nikotin (Nicotrol NS). Nikotin dalam produk ini, disemprotkan pribadi ke setiap lubang hidung, diserap melalui membran hidung Anda ke dalam pembuluh darah Anda. Semprotan hidung mengantarkan nikotin sedikit lebih cepat daripada permen karet, pelega tenggorokan atau koyo, tetapi tidak secepat merokok. Biasanya diresepkan untuk periode tiga bulan hingga enam bulan. Iritasi hidung dan tenggorokan, hidung berair, bersin dan batuk ialah imbas samping yang umum.
  • Inhaler nikotin (Nicotrol). Perangkat ini berbentuk menyerupai kawasan rokok. Anda mengisapnya, dan mengirimkan nikotin ke dalam lisan Anda. Anda menyerap nikotin melalui lapisan di lisan Anda, di mana kemudian memasuki ajaran darah Anda. Efek samping yang umum ialah iritasi lisan dan tenggorokan dan batuk sesekali.

Obat non-nikotin

Obat-obatan yang tidak mengandung nikotin dan tersedia dengan resep termasuk:
  • Bupropion (Zyban). Obat bupropion antidepresan meningkatkan tingkat dopamin dan norepinefrin, materi kimia otak yang juga didorong oleh nikotin. Biasanya dokter Anda akan menyarankan Anda untuk memulai bupropion satu ahad sebelum Anda berhenti merokok. Bupropion mempunyai laba membantu meminimalkan berat tubuh sesudah Anda berhenti merokok. Efek samping yang umum termasuk insomnia, agitasi, sakit kepala dan lisan kering. Jika Anda mempunyai riwayat kejang atau syok kepala yang serius, menyerupai patah tulang tengkorak, Anda tidak boleh mengonsumsi obat ini.
  • Varenicline (Chantix). Obat ini bekerja pada reseptor nikotin otak, mengurangi tanda-tanda penarikan dan mengurangi perasaan bahagia yang Anda dapatkan dari merokok. Biasanya dokter Anda akan menyarankan Anda untuk memulai varenicline satu ahad sebelum Anda berhenti merokok. Efek samping yang umum termasuk mual, sakit kepala, tak bisa tidur dan mimpi yang hidup. Jarang, varenicline telah dikaitkan dengan tanda-tanda psikiatri yang serius, menyerupai perasaan depresi dan pikiran ingin bunuh diri.
  • Nortriptyline (Pamelor). Obat ini sanggup diresepkan jikalau obat lain tidak membantu. Antidepresan trisiklik ini bekerja dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin. Efek samping yang umum mungkin termasuk lisan kering, mengantuk, pusing dan sembelit.

Konseling, kelompok pendukung, dan acara lainnya

Menggabungkan obat dengan konseling sikap mengatakan kesempatan terbaik untuk memutuskan pantangan merokok jangka panjang.
Obat-obatan membantu Anda mengatasi dengan mengurangi tanda-tanda penarikan termasuk harapan tembakau, sementara perawatan sikap membantu Anda membuatkan keterampilan yang Anda butuhkan untuk menghindari tembakau dalam jangka panjang. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersama seorang konselor, semakin baik hasil perawatan Anda.
Beberapa jenis konseling dan dukungan sanggup membantu menghentikan merokok:
  • Konseling telepon. Di mana pun Anda tinggal, Anda sanggup memanfaatkan konseling telepon untuk membantu Anda berhenti merokok. Setiap negara penggalan di AS mempunyai telepon berhenti berbaris, dan beberapa mempunyai lebih dari satu. Untuk menemukan opsi di negara penggalan Anda, hubungi 800-QUIT-NOW (800-784-8669).
  • Program konseling individual atau kelompok. Dokter Anda sanggup merekomendasikan kelompok dukungan lokal atau acara perawatan di mana konseling diberikan oleh seorang hebat pengobatan tembakau. Konseling membantu Anda mempelajari teknik untuk bersiap berhenti merokok dan mengatakan dukungan untuk Anda selama proses tersebut. Banyak rumah sakit, planning perawatan kesehatan, penyedia layanan kesehatan dan pemberi kerja yang mengatakan acara perawatan atau mempunyai seorang hebat pengobatan tembakau yang disertifikasi untuk menyediakan perawatan untuk ketergantungan nikotin. Kelompok nikotin Anonim tersedia di banyak lokasi untuk mengatakan dukungan bagi perokok yang mencoba berhenti merokok. Beberapa pusat medis menyediakan acara perawatan perumahan - perawatan paling intensif yang tersedia.
  • Program berbasis internet. Beberapa situs web mengatakan dukungan dan seni administrasi bagi orang yang ingin berhenti merokok. BecomeAnEX gratis dan mengatakan info dan teknik serta blog, lembaga komunitas, bertanya kepada pakar dan banyak fitur lainnya. Layanan pesan teks, termasuk pengingat pribadi wacana planning berhenti merokok, juga sanggup membantu.

Metode yang harus dihindari

Ini bukan inspirasi yang baik untuk menggantikan penggunaan tembakau jenis lain untuk merokok. Tembakau dalam bentuk apa pun tidak aman. Bahkan produk yang mengantarkan nikotin tanpa tembakau berisiko.
Tetaplah dengan alat bantu berhenti merokok yang terbukti dan jauhi produk-produk berikut:
  • Produk tembakau terlarut. Kantong tembakau, lozenges, strip atau produk lainnya mengandung tembakau dan nikotin dalam jumlah kecil yang Anda pegang atau larut dalam lisan Anda. Tidak ada bukti mereka akan membantu Anda berhenti merokok dan sedikit yang diketahui wacana imbas kesehatan mereka.
  • E-rokok. Rokok elektronik, atau e-rokok, ialah perangkat bertenaga baterai yang memanaskan cairan yang mengandung nikotin menjadi uap untuk dihirup. Karena produk ini baru, tidak banyak data wacana kemungkinan risiko keamanan. Studi wacana e-rokok untuk berhenti merokok telah memperlihatkan hasil yang beragam. Karena alasan ini, rokok elektrik tidak dianjurkan untuk orang yang mencoba berhenti merokok.
  • Rokok beraroma. Rokok kretek (rokok kretek) dan rokok beraroma (bidis) membawa risiko kesehatan yang sama menyerupai merokok rokok biasa dan sanggup mengakibatkan dilema kesehatan tambahan. Meskipun dihentikan di Amerika Serikat, rokok beraroma tersedia di negara lain.
  • Hookah (narghiles). Ini ialah pipa air yang memperabukan tembakau, dan asap dihirup melalui selang. Mereka tidak lebih kondusif dari rokok. Air tidak menyaring racun dalam asap, dan air dan pipa mempunyai risiko penularan infeksi.
  • Lolipop nikotin dan balsem. Produk yang mengandung nikotin salisilat tidak disetujui oleh Food and Drug Administration, dan mereka mengakibatkan risiko untuk penggunaan yang tidak disengaja oleh anak-anak.
  • Pipa dan cerutu. Produk-produk ini mempunyai risiko kesehatan yang sama, meski kurang sering, menyerupai rokok, dan mereka bukan alternatif yang aman.
  • Tembakau tanpa asap dan tembakau (snus). Produk-produk ini mengandung nikotin dalam jumlah yang menyerupai dengan rokok dan meningkatkan risiko kanker lisan dan tenggorokan, penyakit gigi dan gusi, dan dilema kesehatan lainnya.

Gaya hidup dan pengobatan rumah

Sangat penting untuk mempunyai planning untuk mengelola tanda-tanda penarikan nikotin. Gejala penarikan biasanya paling intens selama ahad pertama sesudah Anda berhenti merokok. Mereka sanggup berlanjut selama beberapa minggu, dengan intensitas menurun.
Meskipun sebagian besar tanda-tanda penarikan nikotin lewat dalam sebulan, Anda kadang kala mengalami dorongan atau harapan besar lengan berkuasa untuk merokok berbulan-bulan sesudah berhenti. Pemicu atau aba-aba yang dikaitkan dengan merokok Anda sanggup memancing dorongan atau harapan tersebut.
Inilah yang sanggup Anda lakukan untuk membantu mengelola tanda-tanda penarikan nikotin:
  • Berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik teratur telah ditemukan untuk mengurangi tanda-tanda penarikan dan membantu orang berhenti merokok. Olahraga juga membantu menghindari potensi penambahan berat tubuh yang sering dikaitkan dengan berhenti.
  • Tunggu ngidam. Dorongan atau dorongan biasanya berlangsung kurang dari lima menit. Cuci piring, berjalan-jalan atau kudapan sehat, menyerupai wortel, apel atau biji bunga matahari, yang akan menciptakan lisan Anda sibuk. Lakukan sesuatu yang menciptakan tangan Anda sibuk, dan sebelum Anda mengetahuinya, dorongan itu akan berlalu. Inilah mengapa Anda ingin menyingkirkan persediaan tembakau ketika Anda memutuskan untuk berhenti. Anda tidak ingin memilikinya ketika ketagihan melanda.
  • Identifikasi rasionalisasi. Jika Anda menemukan diri Anda berpikir, "Saya hanya akan menghisap satu untuk melewati masa-masa sulit ini" atau "Hanya satu yang tidak akan sakit," mengakuinya sebagai pesan yang sanggup menggagalkan planning Anda. Tinjau alasan Anda untuk berhenti, dan ganti pikiran itu dengan sesuatu yang konkret untuk mendukung Anda berhenti.
  • Bicaralah dengan orang yang mendukung. Jika Anda merasa cemas atau tertekan atau butuh dorongan, seorang pendukung sanggup membantu Anda melewati suatu harapan yang sulit.
  • Hindari situasi berisiko tinggi. Ketahui pemicu Anda, dan jauhi orang, tempat, dan situasi yang menarik hati Anda untuk merokok.
  • Makan teratur, makanan sehat. Sertakan banyak buah dan sayuran, dan minum lebih banyak air.

Obat alternatif

Banyak produk mengklaim sebagai alat bantu penghentian merokok. Banyak juga yang mengaku "alami." Ingat saja bahwa "alami" tidak selalu berarti "aman." Bicarakan dengan dokter Anda sebelum mencoba perawatan pengobatan alternatif.
  • Akupunktur. Akupunktur melibatkan titik-titik stimulasi pada tubuh, biasanya dengan jarum-jarum metalik yang tipis dan padat. Beberapa penelitian telah dilakukan pada imbas akupunktur atau akupresur untuk berhenti merokok, tetapi tidak ada bukti niscaya bahwa itu berhasil.
  • Herbal dan suplemen. Beberapa penelitian telah dilakukan pada embel-embel makanan SAMe, perak asetat dan St. John's wort untuk pengobatan ketergantungan tembakau, tetapi tidak ada bukti ketika ini bahwa setiap produk alami meningkatkan tingkat berhenti merokok.
  • Hipnose. Meskipun tidak ada bukti yang mendukung penggunaan hipnosis - juga disebut hipnoterapi - dalam penghentian merokok, beberapa orang merasa terbantu. Jika Anda menentukan untuk mengejar hipnosis, bicarakan dengan dokter Anda wacana menemukan terapis yang bereputasi baik.
  • Meditasi. Meskipun tidak ada bukti yang mendukung efektivitas meditasi dalam berhenti merokok, beberapa orang merasa bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda kecemasan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel